Budidaya Ikan Cupang Nemo Galaxy

  • Whatsapp
cara budidaya ikan cupang hias jenis nemo galaxi
cara budidaya ikan cupang hias jenis nemo galaxi/ net

Jurai.id – Salah satu primadona ikan cupang adalah jenis nemo galaxy yang saat ini sudah mulai banyak dibudidayakan.

Nemo galaxy pertama kali dibudidayakan tahun 2017 dengan mendatangkan indukan ikan cupang dari negara asalnya yaitu Thailand, namun saat ini dikarenakan sudah banyak ikan cupang nemo galaxy di Indonesia maka Anda tidak perlu mendatangkannya jauh-jauh.

Bacaan Lainnya

Ikan cupang nemo galaxy ini termasuk dalam spesies cupang hias, hal ini tentu tampak jelas dari tampilan fisiknya yang cantik dan menggoda.

 

Ciri-ciri Ikan Cupang Nemo Galaxy

Keindahan cupang nemo galaxy ini tampak dari warna tubuh yang bervariasi meski yang paling dominan adalah sebaran warna merah serta dipadukan dengan warna kuning, hitam dan putih pada sisiknya.

Selain itu pada tubuh cupang nemo galaxy biasanya juga terdapat bintik-bintik warna biru berkilauan apalagi jika tersorot cahaya semakin membuat cupang ini tampil memukau.

Memiliki mata berbentuk bulat, yang terpasang cantik ditubuh yang ideal. Ikan ini memang tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus dengan sirip yang tampak tegak cupang nemo galaxy dapat bergerak kesana-kemari dalam akuariumnya dengan lincah.

Ikan cupang nemo galaxy ini adalah salah satu ikan cupang yang paling agresif dan cenderung tidak takut pada manusia.

 

Cara Budidaya Cupang Nemo Galaxy

Sebelum berniat untuk budidaya cupang nemo galaxy, pastikan  bahwa Anda memang memiliki dua ikan cupang jenis ini.

Meski jika hanya ada satu Anda tentu bisa saja mengawinkannya dengan jenis lain untuk mendapat spesies dengan warna yang baru.

Pilih induk nemo galaxy yang sehat, tidak berpenyakit dan cacat. Cupang yang sehat dapat dilihat dari tampilan fisiknya, baik itu warnanya yang benar-benar bekilau serta dari kegesitannya saat berenang.

Jika Anda melihat ikan cupang nemo galaxy yang tampak lelah, lesu, letih dan lambat lebih baik Anda mengobatinya dulu baru mengawinkannya agar menghasilkan anakan cupang berkualitas.

Pertama, masukkan ikan cupang nemo galaxy jantan dan betina pada akuarium yang sama. Sebelumnya pastikan bahwa mereka telah melalui fase kenalan yaitu menyimpan akuarium mereka bersebalahan selama beberapa waktu dan si jantan telah mengeluarkan gelembungnya.

Jika fase tersebut belum Anda ikuti dengan baik maka bisa saja saat induk nemo galaxy jantan dan betina malah beradu saat disatukan dalam satu akuarium karna sebelumnya belum berkenalan dulu.

Jadi jangan lewatkan proses kenalan yaa! Apalagi Anda tahu bahwa ikan cupang nemo galaxy ini adalah ikan cupang yang dikenal paling agresif.

Jika sudah simpan akuarium yang berisi kedua ikan nemo galaxy tersebut pada tempat yang aman dan jauh dari suara-suara yang mengganggu.

Biarkan mereka melewati proses kawin dengan khusyu tanpa gangguan apapun, akan lebih baik jika Anda menggunakan penutup untuk menghindari pandangan ikan keluar dari akuarium sehingga ia hanya tertuju pada pasangannya masing-masing.

Keberhasilan proses kawin akan ditandai dengan munculnya telur-telur nemo galaxy yang mengambang di atas permukaan air dengan balutan gelembung yang dihasilkan oleh induk cupang jantan.

Gelembung ini memang berguna untuk mengerami telur hingga mereka menetas, menjadi nemo galaxy yang lucu.

Proses tumbuh telur ikan cupang ini sangat rentan, jadi Anda perlu memerhatikannya dengan baik karna khawatir telur ikan tidak menetas dan malah membusuk. Berikan nutrisi tambahan baik berupa daun ketapang maupun garam ikan.

Pada hari ketiga berikan pakan jentik nyamuk dan kutu air lalu selepas dua pekan hidup berikan kuning telur agar nemo galaxy Anda bertumbuh dengan baik.

Catatan penting, selepas ikan cupang betina mengeluarkan telurnya ia dapat segera dipindahkan pada akuarium lain menghindari sifatnya yang tidak berpri keikanan yaitu memakan anak-anaknya sendiri.

Untuk ikan cupang jantan bisa Anda biarkan mengerami anak-anaknya hingga berusia dua pekan setelah mereka berubah menjadi burayak.

 

Cara Merawat Cupang Nemo Galaxy

Merawat cupang yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat cupang jenis lain, cukup mudah jika Anda memang telaten memeliharanya.

Anda hanya perlu menyiapkan pakan terbaik untuk konsumsi nemo galaxy setiap hari. Anda dapat memberikan jentik nyamuk, kutu air dan cacing sutra.

Selain itu pastikan bahwa pH atau keasamaan air pada akuarium benar-benar tepat untuk ikan cupang Anda.

Setiap pekan Anda cukup membersihkan satu kali saja akuarium tempat tinggal ikan cupang nemo galaxy ini dan setiap dua hari sekali Anda harus mengganti air dalam akuariumnya.

Sesekali Anda juga dapat membawa ikan cupang Anda keluar ruangan untuk berjemur tepat di bawah paparan cahaya matahari secara langsung.

Usahakan untuk menjemurnya pagi hari ketika nutrisi paparan matahari masih sehat. Ikan cupang Anda akan menjadi segar bugar selepas di jemur.

Warnanya juga menjadi semakin cantik dan berkilau sebab nutrisi yang diberikan secara langsung oleh matahari pada cupang nemo galaxy Anda.

Catatan penting saat merawat cupang nemo galaxy, hindari sentuhan tangan Anda padanya secara langsung.

Dikarenakan ikan ini sangat rentan, jika Anda salah memegangnya bisa-bisa bagian tubuh nemo galaxy baik itu ekor, sirip atau yang lainnya bisa saja patah dan tentu tidak akan bisa diperbaiki. (jurai.id)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.