Budidaya Ikan Cupang Menggunakan Air Galon, Apakah Bisa?

  • Whatsapp
merawat ikan cupang pakai air galon
merawat ikan cupang pakai air galon/ net

Jurai.id – Air yang merupakan media bagi kehidupan seluruh ikan, tak terkecuali cupang perlu diperhatikan kualitasnya. Sebab jika air yang digunakan dalam kondisi yang baik tentu akan memberi dampak positif bagi tumbuh kembang ikan cupang.

Serta sebaliknya, jika kualitas air buruk maka ikan cupang Anda bisa mati. Air dalam akurium jika kadar di dalam kandungnya tidak tepat kerap membuat ikan cupang loncat apabila akuariumnya terbuka.

Bacaan Lainnya

Tidak jarang kasus demikian terjadi karna para pemiliknya malas membersihkan akuarium atau karna tidak memerhatikan perawatan air untuk media hidup ikan cupang.

Namun, air seperti apa sajakah sebenarnya yang bisa digunakan untuk budidaya ikan cupang? Apakah air galon yang dibeli isi ulang dapat digunakan juga? Apakah kandungan air galon sesuai dengan kebutuhan cupang?

Kita bahas selengkapnya!

Mengenal Kualitas Air Galon

Air galon atau lebih lengkapnya merupakan air kemasan galon mineral (AMKG) merupakan air isi ulang yang disimpan dalam wadah yang terbuat dari plastik atau atum.

Meski saat ini sudah ada juga air galon sekali pakai atau disebut dengan (AGSP). Sehingga selepas digunakan galon AGSP ini bisa langsung dibuang.

Umumnya galon bisa menampung air hingga 19 liter. Sudah lama sekali masyarakat Indonesia menggunakan galon di rumahnya, mungkin bisa dibilang hampir seluruh keluarga menggunakan galon karna lebih praktis dan menghemat biaya.

Untuk penggunaan galon AMKG dinilai lebih berguna pada kemaslahatan lingkungan karna mengurangi kuantitas pembuangan sampah kemasan  mineral.

Sebab seperti yang Anda ketahui bahwa galon AMKG tidak akan dibuang hingga galon mengalami kerusakan atau pecah.

Untuk memastikan kualitas air dalam galon, Anda perlu menelaah setiap brand atau merk AMKG maupun AGSP karna di Indonesia sendiri banyak sekali jenisnya.

Jadi, sebelum memilih satu merk galon pastikan bahwa Anda telah melakukan observasi sehingga tidak salah pilih. Apalagi, air galon akan digunakan untuk kelangsungan hidup ikan Anda.

Cara Budidaya Ikan Cupang Menggunakan Air Galon

Pertanyaan yang masih belum terjawab di benak Anda, mungkin mengenai air galon apakah dapat digunakan untuk budidaya ikan cupang. Anda akan menemukan jawabannya selepas ini.

Keasaman Air

Pada umumnya ikan cupang menggunakan air dengan kandungan pH 6,5 dan maksimal pada angka 7. Jangan gunakan pH di atas tersebut, ikan cupang Anda tentu tidak akan bisa menerimanya.

Biasanya untuk menyeimbangkan pH, para pecinta betta sp ini menggunakan daun ketapang. Ya, daun ini memang sudah tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat untuk ikan cupang.

Suhu Air

Habitat asal ikan cupang adalah laga atau rawa-rawa dengan suhu air minimal 24,5 dan maksimal 27, 5 derajat celcius. Suhu air pada angka tersebut akan terasa hangat dan memang cocok untuk ikan cupang berkembang.

Apa jadinya jika suhu air tidak sesuai?

Anda tentu tahu pasti jawabannya, bahwa dampak terparahnya adalah ikan Anda bisa mati. Untuk itu, gunakan termometer untuk mengecek suhu air pada galon yang Anda beli.

Klorin

Selain suhu dan tingkat pH, klorin adalah salah satu hal terpenting yang perlu Anda pahami untuk penggunaan air ikan cupang Anda.

Klorin merupakan zat kimia yang berguna untuk membunuh bakteri dan kuman serta kerap digunakan pada kolam renang. Selain itu klorin juga digunakan sebagai pembersih rumah.

Meski memiliki manfaat yang besar untuk makhluk hidup terutama manusia dalam segi sanitasi, tapi penggunaan klorin berlebihan bisa menyebabkan dampak buruk juga. Seperti iritasi pada kulit dan gangguan pernapasan.

Lantas, untuk ikan cupang sendiri apakah klorin berbahaya?

Untuk ikan cupang, penggunaan klorin harus dihindarkan, sebab klorin ini juga terdapat di dalam kandungan air juga PAM/PDAM.

Untuk mengatasi klorin ketika Anda ingin menggunakan air PAM/PDAM untuk media budidaya cupang maka, gunakan penghilang zat kimia ini. Biasanya penghilang kandungan klorin dapat dibeli di toko-toko pedagang ikan.

Nah, jika Anda menggunakan air galon yang sudah melalui berbagai proses, kandungan klorin di dalamnya sudah hilang.

Jadi, air galon tentu dapat digunakan untuk budidaya ikan cupang. Anda hanya perlu menambahkan daun ketapang agar semakin yakin bahwa ikan Anda akan tumbuh dengan baik dalam air galon. Selain itu tambahkan juga garam ikan secukupnya.

Penggunaan galon untuk tempat tinggal ikan cupang saat ini sudah dicoba oleh para petani betta sp ini. Apalagi jika Anda tinggal di daerah yang kesulitan mencari air bersih kecuali air galon.

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa jika ingin menggunakan air galon Anda harus observasi dulu, memilih merk galon yang tepat.

Selain itu, jika Anda ingin memberdayakan galon sebagai media ternak mengawinkan ikan cupang tentu juga bisa.

Anda hanya perlu menyiapkan sepasang ikan cupang yang telah dicomblangkan dan liat reaksi keduanya, apakah mereka cocok atau tidak.

Meski mengawinkan dalam galon mungkin akan terasa lebih susah dari wadah yang memiliki lubang yang besar ya saat pengambilan telurnya yang mengambang ke dasar air saat proses menetas.

Itulah, cara budidaya ikan cupang menggunakan galon. Semoga bermanfaat dan menjawab pertanyaan Anda ya! (jurai.id)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.