Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan!

  • Whatsapp
cara membedakan cupang jantan dan betina
cara membedakan cupang jantan dan betina/ net

Jurai.idIkan cupang yang berumur 2 bulan, sudah bisa Anda bedakan jantan atau betina dengan beberapa cara.

Fase kehidupan ikan cupang dalma tumbuh kembangnya memang relatif cepat. Pada usia tiga hari saja ia sudah bisa makan jentik nyamuk dan kutu air.

Bacaan Lainnya

Pada dua minggu, ikan cupang sudah bisa mengejar kuning telur, berlarian kesana-kemari mengisi perutnya yang lapar.

Selepas satu bulan ikan cupang biasanya akan digabungkan bersama ikan cupang yang lain. Baik dalam akuarium yang lebih besar maupun dalam kolam beton dengan ukuran 1 sampai 2 meter.

Meski membedakannya dinilai mudah bagi orang-orang yang telah memahami perbedaan fisiknya, tapi tidak sedikit yang masih kesulitan membedakan jenis kelamin ikan cupang.

Padahal biasanya, tidak harus menunggu 2 bulan. 1 bulanpun Anda sudah bisa melihat apakah ikan cupang Anda jantan atau betina.

Cara menilainya memang lebih jelas dilihat melalui bentuk tubuh dan warna pada ikan cupang.

 

Perawatan Cupang

Untuk itu, lakukan perawatan yang baik dengan memberikan pakan berkualitas, tambahkan garam ikan, serta daun ketapang yang dapat mempercepat warna pada ikan cupang tampak.

Selain itu sering-seringlah menjemur ikan cupang, paparan sinar matahari terutama pagi hari memiliki banyak manfaat untuk ikan cupang Anda.

Sinar matahari akan membuat ikan cupang Anda sehat, segar, dan membantu mempercantik warna ikan cupang karna bakteri dan jamur yang menempel dikulit ikan akan mati.

Paparan cahaya matahari juga akan membuat air akurium terasa lebih hangat, kondisi seperti ini sangat disukai oleh ikan laga ini.

Menurut sebagian petani betta, lebih baik juga untuk sesekali mengadukan ikan cupang Anda sebagai ajang olahraga. Meski untuk hal ini ada beberapa juga yang tidak menyepakatinya karna khawatir ikan cupang akan terluka dan stres.

Jadi membuat cupang bertarung atau tidak, silahkan Anda pertimbang sendiri ya!

Berbagai perawatan tersebut tentu bisa membuat ikan cupang Anda tumbuh sehat, gesit, cantik dan memesona.

Apalagi jenis ikan cupang hias yang memiliki ekor menggoda, melihatnya mengibaskan buntutnya kesana-kemari tentu akan membuat para pecinta cupang terkesima, tak mampu mengedipkan mata.

 

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang

Untuk mempermudah Anda membedakan jenis kelamin ikan cupang meski baru berusia 2 bulan ada 7 ciri yang akan dijelaskan secara rinci.

Jangan pernah melihat perbedaan ikan cupang jantan dan betina pada gelembung-gelembung cinta yang biasa dihasilkan oleh ikan cupang jantan.

Pada beberapa kasus ikan cupang betina juga bisa mengeluarkan gelembung meski bukan untuk mengerami telur-telur hingga menetas.

Ciri-ciri Ikan Cupang Betina

  1. Ciri pertama pada ikan cupang betina ini tidak dimiliki oleh ikan cupang jantan, yaitu berupa garis vertikal pada tubuh ikan cupang betina.
  2. Ciri yang kedua, pada badan ikan cupang betina terdapat tanda titik putih.
  3. Ciri ketiga, memiliki bentuk tubuh yang lebih padat dan pendek.
  4. Ciri keempat, ekor dan sirip pada ikan cupang betina memiliki ukuran yang lebih pendek.
  5. Ciri kelima, ikan cupang betina cenderung bergerak lebih lambat dari cupang jantan.
  6. Ciri keenam, perihal agresivitas ikan jantan lebih dominan daripada ikan cupang betina.

Hal ini mungkin dikarenakan ikan cupang jantan merupakan kepala rumah tangga yang bertugas menjaga anak-anak mereka hingga telur bisa bergerak kesana-kemari saat telah menjadi burayak.

  • Ciri terakhir dapat terlihat jelas oleh pandangan mata Anda, yaitu tampak dari warna yang terdapat pada ikan.

Ikan cupang betina memiliki warna yang tingkat kecerahannya lebih rendah dari ikan cupang jantan.

 

Ciri-ciri Ikan Cupang Jantan

Ciri-ciri pda ikan cupang jantan tentu kebalikan dari ciri-ciri cupang berjenis kelamin betina. Selengkapnya sebagai berikut …

  1. Ciri pertama, ikan cupang jantan tidak memiliki garis vertikal seperti ikan cupang betina.
  2. Ciri kedua, ikan cupang jantan tidak memiliki titik putih pada tubuhnya seperti ikan cupang betina.
  3. Ciri ketiga pada tubuh ikan cupang jantan, bentuknya biasanya lebih langsing dibandingkan ikan cupang betina.
  4. Ciri keempat, ekor dan sirip ikan cupang jantan cenderung lebih lebar.
  5. Ciri yang kelima ikan cupang jantan cenderung lebih agresif dan memiliki sikap teritorial atau membatasi daerah kekuasaannya lebih terlihat dari cupang betina.
  6. Ciri keenam, dari segi pergerakkan ikan cupang jantan cenderung lebih gesit daripada ikan betina yang berjalan anggun.
  7. Ciri terakhir berkenaan dengan warna dimana ikan cupang jantan memiliki warna yang lebih mencolok dibandingkan ikan cupang betina.

Itulah cara membedakan ikan cupang betina dan ikan cupang jantan melalui 7 ciri, semoga dengan menelaah lamat-lamat penjabaran di atas Anda dapat membedakannya ya meski ikan cupang Anda baru berusia 2 bulan saja!

Pastikan juga untuk benar-benar tidak salah menentukan jenis kelamin, jangan sampai ketika proses kawin Anda malah menyatukan ikan cupang dengan jenis yang sama.

Kesalahan tersebut tentu tidak akan menghasilkan anak-anak cupang yang lucu, melainkan pertarungan antar kedua induk cupang! (jurai.id)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.