Tips Menurunkan Berat Badan: Didukung Sains, Disetujui Ahli Gizi

  • Whatsapp
tips menurunkan berat badan
tips menurunkan berat badan/ net

Jurai.id – Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam menurunkan berat badan. Tentu berat badan yang berlebih membuat Anda tidak percaya diri, atau kesulitan dalam beraktifitas.

Tips berikut ini berkaitan dengan cara dan metode yang dapat membantu secara aman ketika akan menurunkan berat badan.

Bacaan Lainnya

Dari latihan hingga suplemen hingga makanan, daftarnya tidak pernah berakhir. Sementara sebagian besar dari kita memiliki gagasan untuk menurunkan berat badan di benak kita, tampaknya itu adalah hal yang mudah dikatakan daripada dilakukan.

Tetapi tidak perlu membuat diri Anda stres dengan memikirkan diet ketat atau olahraga berat, yang perlu Anda lakukan hanyalah mencermati apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dimakan.

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa orang akan berusaha keras untuk memenuhi keinginan mereka untuk ‘menurunkan berat badan,’ dan untuk memenuhi kegilaan ini, ada banyak produk yang tersedia di pasar.

Kebanyakan orang secara membabi buta mengikuti diet iseng, kelaparan, atau melakukan diet detoks tanpa mengetahui bahwa hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Tentunya, ini adalah cara ‘cepat’ untuk menurunkan berat badan tetapi tidak bertahan lama. Hari ini, kami akan membawa daftar tip penurunan berat badan yang disetujui ahli gizi dan berdasarkan bukti penelitian.

 

Tips Menurunkan Berat Badan yang Terbukti Secara Ilmiah

  1. Kurangi asupan gula tambahan Anda dan baca label makanan yang Anda beli dari toko.
  2. Kurangi konsumsi karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, tepung putih, nasi putih, kue kering, soda, sereal sarapan, dll. Karena dapat meningkatkan gula darah dengan cepat, menyebabkan rasa lapar, mengidam, dan meningkatkan asupan makanan.
  3. Lakukan diet rendah karbohidrat jika Anda ingin membatasi asupan karbohidrat dan ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan 2-3 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak standar.
  4. Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan, mereka mengandung lebih sedikit kalori dan lebih banyak serat, kombinasi yang cocok yang membantu menurunkan berat badan.
  5. Tambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda karena serat dalam makanan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan dengan demikian mengatur berat badan Anda dalam jangka panjang.
  6. Makan lebih banyak makanan kaya protein seperti telur, daging tanpa lemak, yoghurt dll karena merupakan nutrisi utama yang penting untuk menurunkan berat badan.
  7. Makan makanan nyata, yaitu makanan utuh, bahan tunggal (makanan utuh adalah makanan nabati yang tidak diolah dan tidak dimurnikan sebelum dikonsumsi).
  8. Tambahkan makanan pedas ke dalam diet Anda, seperti cabai dan makanan lain yang mengandung capsaicin (senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan secara sehat).
  9. Minum teh hijau untuk meningkatkan perjalanan penurunan berat badan Anda, karena teh ini mengandung antioksidan kuat yang disebut katekin yang dapat membantu membakar lemak.
  10. Hindari susu dan minum kopi hitam karena kandungan kafeinnya dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak, dan hindari menambahkan terlalu banyak gula, krim, atau pemutih susu.
  11. Minumlah air sebelum makan karena air dapat meningkatkan metabolisme, membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan juga dapat membantu membatasi konsumsi kalori.
  12. Pilih telur utuh untuk sarapan, karena tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan dan lemak tubuh, tetapi juga membantu Anda makan lebih sedikit kalori untuk 36 jam berikutnya (setelah sarapan).
  13. Alih-alih sarapan dan makan malam, jadikan makan siang sebagai makanan utama Anda untuk membantu penurunan berat badan.
  14. Gunakan minyak kelapa untuk memasak karena lemak yang ada dalam minyak telah terbukti meningkatkan metabolisme dan juga mengurangi nafsu makan.
  15. Latihan kontrol porsi karena makan dalam jumlah banyak tidak pernah terbukti sehat bagi siapa pun (kecuali jika Anda memiliki kelainan makan yang secara medis mengharuskan Anda makan dalam jumlah banyak) dan melakukan ini bisa sangat berguna untuk menurunkan berat badan.
  16. Gunakan piring yang lebih kecil untuk makan makanan Anda karena penelitian telah membuktikan bahwa ini secara otomatis menyebabkan orang makan lebih sedikit kalori. Ini mirip dengan berlatih mengontrol porsi.
  17. Puasa intermiten adalah metode makan dengan mengikuti puasa jangka pendek yang teratur. Artinya, Anda pergi di antara periode makan dan puasa. Puasa intermiten bukanlah tentang apa yang harus dimakan tetapi tentang ‘kapan harus makan’, dan terbukti sama efektifnya dengan pembatasan kalori (dalam hal penurunan berat badan).
  18. Bawalah camilan sehat bersama Anda, karena ini akan mencegah Anda meraih camilan goreng yang tidak sehat saat Anda merasa lapar.
  19. Mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan.
  20. Suplemen probiotik yang mengandung bakteri dari subfamili Lactobacillus terbukti dapat mengurangi massa lemak. Bicaralah dengan dokter Anda dan tambahkan suplemen probiotik ke dalam makanan Anda.
  21. Alih-alih memilih diet khusus untuk menurunkan berat badan, pilihlah makan yang sehat. Fokusnya harus memberi makan tubuh Anda dengan nutrisi penting dan tidak menghilangkannya.
  22. Melakukan latihan aerobik telah terbukti efektif untuk menurunkan berat badan karena merupakan cara yang brilian untuk menurunkan berat badan, terutama lemak perut.
  23. Mengangkat beban juga dapat membantu menurunkan berat badan, penelitian menunjukkan.
  24. Tidur yang nyenyak dan teratur adalah salah satu langkah utama menuju perjalanan penurunan berat badan yang sehat. Selain itu, kurang tidur adalah salah satu faktor risiko terkuat untuk obesitas.
  25. Identifikasi situasi yang memicu makan di luar kendali. Anda dapat melakukan ini dengan membuat jurnal dan menuliskan apa yang Anda makan, berapa banyak yang Anda makan saat Anda makan, bagaimana perasaan Anda dan seberapa lapar Anda dengan mengikuti pola.

Kesimpulannya, diet ketat dan diet yang tidak tepat tidak akan membantu Anda mencapai tubuh yang sehat, tetapi sebaliknya, menurunkan kinerja fisik, kekuatan dan kebugaran Anda dan membuka jalan bagi penuaan dini serta menurunkan tingkat kekebalan.

Dengan memasukkan nutrisi dan latihan yang tepat, seseorang dapat mempromosikan penurunan berat badan yang sehat yang dapat membantu meningkatkan kebugaran, kinerja fisik, dan kesejahteraan secara keseluruhan. (jurai.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.