Kandungan dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan, PENTING BACA INI!!

  • Whatsapp
manfaat dan kandungan yang ada di kangkung
manfaat dan kandungan yang ada di kangkung/ net

Jurai.id – Ada banyak kandungan dan manfaat kangkung bagi kesehatan yang sedikit orang ketahui. Namun banyak orang mengetahui efek samping konsumsi kangkung yang katanya bisa buat kantuk?

Apakah itu benar? Namun satu hal yang bisa dipastikan sampai saat ini seluruh orang Indonesia pastinya mengenal jenis sayuran yang satu ini. Karena sangat mudah ditemui di pasar-pasar.

Bahkan banyak masyarakat mengkonsumsi kangkung karena harganya yang murah, sehingga dapat dijangkau semua kalangan.

Tak kalah penting juga untuk diketahui, bahwasannya, ada dua jenis kangkung yang bisa ditemui di sekitar masyarakat, kangkung darat dan kangkung air.

Namun kangkung dinilai kerap membuat seseorang mengantuk setelah mengkonsumsinya.

Inilah Kandungan dan Manfaat Kangkung

Tahukah Anda, bahwa komposisi nutrisi kangkung sangatlah baik untuk dikonsumsi.

Bahkan dalam 100 gram bagian kangkung yang bisa dimakan, kangkung mengandung 6300 si vitamin A, 32 mg vitamin C, 2,5 mg zat besi, 3 gram protein, 75 mg kalsium, dan 50 mg fosfor.

Berikut kandungan dan manfaat mengkonsumsi sayuran kangkung yang bisa diketahui:

  1. Zat Besi

Zat besi dalam kangkung berjumlah 2,5 mg untuk setiap 100 gram yang bisa dikonsumsi. Pemenuhan zat besi sangat penting untuk tubuh dalam membentuk sel darah merah.

Seseorang yang kekurangan zat besi atau kekurangan sel darah merah akan menimbulkan rasa pusing, lemas dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kangkung bisa menjadi alternatif sayuran yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengobati anemia atau kurang darah.

  1. Vitamin A

Kangkung memiliki kandungan vitamin A dan beta karotin yang tinggi. Unsur nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata, dalam menjaga dan melindungi mata agar tetap sehat dan normal.

Masalah mata minus, dengan memanfaatkan kandungan nutrisi yang ada di kangkung ini seseorang bisa mencegah penambahan minus yang dimiliki. Beta karotin yang dimiliki kangkung sangat tinggi dan baik untuk menutrisi mata.

  1. Vitamin C

Kandungan vitamin c pada kangkung dipercaya dapat menyembuhkan sariawan dan mengatasi masalah gusi berdarah.

Mengkonsumsi sayur kangkung bisa dijadikan sarana pencegah adanya penyakit sariawan yang menyebabkan bibir berdarah, gusi teluka dan bahkan sampai tidak bisa makan.

Mengkonsumsi sayur kangkung juga tidak menimbulkan efek pedih atau sakit pada bagian yang terluka.

  1. Protein

Tanaman kangkung memiliki protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya pengatur metabolisme tubuh. Tubuh tidak seimbang kadar proteinya akan mudah sakit. Selain itu, protein dalam kangkung sangat bermanfaat dalam proses regenerasi sel kulit.

  1. Lemak

Lemak adalah sumber energi yang baik untuk tubuh. Kangkung adalah salah satu makanan yang mengandung lemak. Lemak mempengaruhi pembentukan sel dalam tubuh dan menjaga organ tubuh manusia.

Namun yang harus dipastikan adalah tidak mengonsumsi makanan yang memiliki asupan lemak secara berlebih.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat umumnya diketahui berada di nasi. Namun pada tanaman kangkung karbohidrat juga bisa ditemui.

Fungsi karbohidrat untuk menjaga metabolisme tubuh, sebagai cadangan sumber energi, dan sebagai pelindung protein agar tidak terbakar sebagai penghasil energi.

Kekurangan karbohidrat akan berpotensi terserang penyakit hipoglikemia. Jika tak tertangani dengan baik, penyakit ini berbahaya untuk tubuh. Akan tetapi, kelebihan karbohidrat dikhawatirkan menyebabkan kegemukan atau diabetes.

  1. Pembentukan Fosfor

Tanaman kangkung mengandung fosfor yang sangat berguna bagi tubuh. Fungsi fosfor adalah membantu kesehatan otak dan menjaga kesehatan tulang. Fosfor baik untuk mencegah osteoporosis.

  1. Serat

Kandungan serat pada tanaman kangkung sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Kangkung bisa menjadi pilihan makanan yang cukup baik untuk yang sedang melakukan diet sebagai menu makanan sehat yang dikonsumsi. Serat juga dapat membantu dalam pencegahan diabetes dan kolesterol.

  1. Kalsium

Kalsium tak hanya ada di susu saja, di sayuran kangkung juga kita bisa mendapati kalsium yang dibutuhkan tubuh.

Kalsium dalam kangkung dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim yang kemudian menjadi energi.

Jika tubuh kekurangan kalsium, tubuh akan mengalami masalah pada tulang seperti osteoporosis.

  1. Vitamin B1

Kangkung memiliki kandungan vitamin B1. Vitamin B1 adalah bagian dari vitamin B Kompleks.

Sayuran yang mengandung vitamin B1 baik dikonsumsi bagi masyarkaat yang memiliki darah rendah.

Vitamin B1 mampu memproduksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh, mampu mencegah penuaan, mencegah katarak dan membantu kerja otak.

Itulah alasan kenapa seseorang dianjurkan mengkonsumsi kangkung. Kangkung dikonsumsi bukan karena hanya jenis sayuran yang murah dan mudah ditemui di berbagai jenis pasar saja, tetapi juga karena kaya kandungan nutrisi yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. (jurai.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.