Bahaya Makan Daging Kambing: Jangan Takut! Masaklah Seperti Ini

  • Whatsapp
bahayanya makan daging kambing
bahayanya makan daging kambing/ net

Jurai.id – Ada banyak informasi beredar, entah itu mitos atau fakta terkait bahaya makan daging kambing? Secara berlebih mungkin hal tersebut bisa dibenarkan, akan tetapi jika tepat konsumsinya dan batasan jumlahnya maka itu akan baik untuk kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda.

Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa daging kambing lebih sehat daripada daging sapi dan ayam, jika dimasak dengan cara yang tepat.

Bacaan Lainnya

Anda mungkin telah makan roti kambing atau sup kepala kambing sepanjang hidup Anda, tetapi bagi banyak orang, kambing masih dianggap sebagai jenis daging merah “baru”.

Daging kambing adalah makanan pokok di banyak budaya, termasuk masakan Afrika Utara, Timur Tengah, dan Karibia, kata ahli diet terdaftar Anar Allidina.

Di Indonesia saja, sangat terkenal daging kambing di jadikan sate atau daging kambing yang ditusuk lalu dibakar, dan dengan ragam jenis bumbu sebagai penguat rasanya.

“Daging kambing adalah alternatif yang sehat untuk daging sapi dan ayam karena mengandung lebih sedikit kalori, lemak, dan kolesterol,” katanya kepada Global News.

 

Jangan Takut? Bahaya Makan Daging Kambin Tak Terjadi, Jika Anda Lakukan Ini

Dalam sebuah wawancara dengan HuffPost AS, koki Andrew Zimmern mengatakan kepada kebanyakan orang percaya bahwa daging kambing itu keras dan entah bagaimana kurang diminati daripada daging babi, domba atau sapi.

“Saya memiliki kari kambing yang luar biasa di Karibia, bayi kambing panggang dengan cuka cabai dan bawang di Venezuela, kambing dan serai wajan pedas di Vietnam, iga kambing berlapis Michelin yang elegan dan piring pinggang di Eropa, sup kepala kambing di Argentina, kambing mentah di Ethiopia, kambing dengan lemon dan cabai di Siprus dan kambing dimasak dengan yogurt dan roti pipih di Levant,” lanjutnya.

Orang-orang tidak hanya terlihat takut memakan daging, tetapi angka juga mencerminkan ketidaktertarikan.

Di AS, Departemen Ilmu Hewan di Universitas Cornell menemukan hanya 0,25 pon daging kambing yang dikonsumsi per kapita setiap tahun tahun lalu.

Sebuah laporan dari tahun 2013 menemukan bahwa minat terhadap daging kambing di Kanada terus meningkat (jumlah kambing di peternakan telah berlipat ganda sejak tahun 1996) ketika para imigran baru datang ke negara tersebut, CBC melaporkan.

 

Apakah daging kambing lebih bergizi?

Selain rasanya, ada beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan makan kambing. Tiga ons daging kambing memiliki sekitar 122 kalori, 0,79 gram lemak jenuh, dan 3,2 miligram zat besi.

Ini dibandingkan dengan 179 kalori, tiga gram lemak jenuh dan 2,9 miligram zat besi dalam daging sapi.

“Daging kambing memiliki lebih banyak zat besi, protein yang sebanding dan tingkat lemak jenuh, kalori, dan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi dan ayam,” katanya. “Daging kambing jelas lebih bergizi.”

Ia menambahkan karena daging kambing lebih rendah kandungan lemaknya dan memiliki sedikit marbling pada dagingnya, maka dagingnya sangat empuk dan dapat diolah dengan api kecil untuk menjaga kelembutan dan kesegarannya.

 

Cara Memasak Daging Kambing yang Nikmat dan Bergizi

Satu masalah yang akan Anda temukan dengan daging kambing adalah aksesibilitas. Karena tidak dijual di rantai grosir besar, Anda harus pergi ke toko daging atau toko kelontong yang menjual daging tersebut.

Ada banyak cara memasak daging kambing, semuanya membutuhkan slow cooking dan api kecil, ditambah kelembapan untuk melembutkan daging

Potongan kambing termasuk pipi, daging, kaki, bahu dan kaki, kata Guardian. Jangan perlakukan kambing seperti domba dan sajikan dengan langka.

Ini harus dimasak dengan matang jika tidak maka akan menjadi keras dan tidak menggugah selera. Manfaat kambing dari proses memasak yang lama dan lambat untuk memecah kolagen dalam daging.

Jika Anda mencari ide resep pemula, pertimbangkan resep kari sederhana tetapi dengan kambing, bukan daging babi, sapi, atau ayam.

Untuk semur, Anda bisa mengganti daging sapi dengan kambing dadu – Anda bisa menukar kambing dengan daging sapi dalam resep masakan lambat apa pun. (jurai.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.