BMKG Bandarlampung Minta Warga Pesisir Kota Waspada Terhadap Banjir Rob

  • Whatsapp

JURAI.ID, BANDARLAMPUNG. – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandar Lampung minta masyarakat yang berada di wilayah pesisir Lampung, terutama Pulau Pasaran, Kecamatan Teluk Betung Barat tetap waspada adanya banjir rob yang melanda permukiman warga setempat.

Hal itu diungkapkan Forecaster BMKG Stasiun Maritim Panjang ,Suci Eka yang mengatakan bahwa banjir rob akan terus berlangsung sejak 16-21 Mei 2022.

“Rata-rata ketinggian air laut banjir rob mencapai 1,6 meter, dan puncaknya terjadi pada pukul 07.00 – 10.00 WIB. Jadi, kami minta masyarakat sekitar lokasi tetap waspada atas potensi bencana ini,” katanya, Selasa (17/5).

Dia menjelaskan penyebab banjir rob dikarenakan fase perigee atau jarak terdekat bumi, bulan, serta faktor meteorologis lain.

“Seperti angin kencang yang mencapai 20 knots, serta meningkatkan gelombang di wilayah Teluk Lampung dan sekitarnya,” tambah Suci.

Suci mengungkapkan beberapa hari ke depan angin akan bertiup dari Timur – Selatan dengan kecepatan maksimum dapat mencapai 20 knot, serta pasang maksimum mencapai 1.6 meter.

“Jadi, kami imbau masyarakat yang berada di wilayah Pesisir Bandar Lampung agar tidak mendekati ke laut hingga rob surut,” pungkasnya. (Iqbal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.