Walikota Tinjau Pasar Tani Nominasi 5 Besar Pasar Terbaik Nasional

  • Whatsapp

BANDARLAMPUNG, jurai.id – Berhasil menjuarai sebagai juara pertama se Indonesia, sebagai Pasar sehat aman dari bahan berbahaya pada tahun 2020 lalu. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung kembali mempersiapkan salah satu Pasar yakni Pasar Tani Kemiling, untuk kembali mengikuti lomba di tingkat nasional.

Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana, pada Kamis (25/3) pagi, mengunjungi Pasar Tani Kemiling, Bandarlampung. Pasar ini masuk nominasi 5 besar pasar tradisional terbaik tingkat nasional kategori Pasar Aman Berbasis Komunitas di tahun 2021.

“Pasar Tani ini, telah berhasil masuk 5 besar, bukan hanya penilaian, kita juga harus lihat kelayakan. Itu kan makin semangat bagi pedagang di sini. Ini motivasi bahwa kesehatan itu penting,” ujar Eva, saat ditemui di lokasi.

Menurut dia, Pasar Tani inj layak menjadi juara 1 tingkat nasional, seperti Pasar Way Halim. ” Tahun lalu kan kita juara, semoga tahun ini kita kembali meraih juara pertama tingkat nasional, ” Beber Eva.

Sementara, Kepala Balai Besar POM di Bandarlampung, Susan Gracia Arpan, mengaku Pasar Tani Kemiling, Bandarlampung telah masuk nominator sebagai pasar aman nasional se-indonesia.

“Jadi sudah masuk dalam 5 besar. Kami berkomitmen untuk menjadikan pasar ini lebih baik lagi, makanya kami persiapkan dengan persyaratan , semua prosedur akan ditingkatkan,” ungkap dia.

BPOM sendiri, lanjut Susan, memiliki program nasional, dimana Pasar Tani masuk ke dalam kategori pasar aman berbasis komunitas di tahun 2021. Adapun indeks penilaian penghargaan itu merujuk pada sistem pengelolaannya yang bersumber dari Pemkot dan PD Pasar.

“Selanjutnya nanti masalah protokol kesehatan sudah dilaksankaan, imbauan ada, kemudian nanti penataan pasar berdasarkan zonasi itu akan kita tata kembali,” imbuh dia.

Diketahui sebelumnya, Pemkot Bandarlampung juga telah menerima penghargaan serupa dimana Pasar Wayhalim menoreh Juara 1 Pasar Terbaik Nasional dengan predikat Pasar Aman Bebas Bahan Berbahaya pada Tahun 2020 silam. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.