Peringati Hari Anak Nasional, Gubernur Lampung Mendukung Pemenuhan Hak

  • Whatsapp

JURAI.ID, BANDAR LAMPUNG (SMSI)– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk senantiasa berupaya menjamin, mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak serta pemberdayaan perempuan.

Hal tersebut sesuai dengan Visi Rakyat Lampung Berjaya dan Misi Nomor tiga (3) yakni Mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan kaum difabel.

“Atas komitmen, Alhamdulillah pada tanggal 23 Juli 2022, Pemerintah Provinsi Lampung memperoleh penghargaan Provinsi Layak Anak (PROVILA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Selain itu, diraih pula penghargaan KLA bagi Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung,”

Hal itu disampaikan Gubernur Arinal Djunaidi saat membuka acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Provinsi Lampung Tahun 2022 sekaligus Penyerahan Piala dan Piagam Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022, di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Selasa (2/8/2022).

Atas Pencapaian tersebut, Gubernur menyampaikan apresiasi terhadap Bupati/Walikota yang sudah mewujudkan KLA dan meraih penghargaan. Gubernur juga menyerahkan penghargaan / trophy dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI kepada Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan KLA untuk kategori Madya yakni Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Lampung Barat, Lampung Utara, Lampung Tengah, kemudian Kategori Pratama untuk Kabupaten Pesisir Barat, Mesuji, dan Tulang Bawang Barat.

“Satu hal yang harus diingat bahwa penghargaan adalah sebuah bonus. Karena yang terpenting kita bisa bekerja maksimal untuk masyarakat, khususnya anak-anak,” kata Gubernur.

Gubernur Arinal Djunaidi juga menyatakan bahwa peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi kita semua dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Tema Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Tema tersebut, menurut Gubernur Arinal sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk mendorong berbagai pihak untuk memberikan kepedulian langsung di tengah-tengah masyarakat untuk memastikan anak-anak tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak pada pasca pandemi COVID-19.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Bunda Forum Anak Daerah Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, yang sudah berperan aktif dalam memperingati Hari Anak Nasional.

“Anak-anakku yang tergabung dalam Forum Anak Daerah, kiranya dapat terus berkreasi dan berprestasi. Hidupkanlah kepengurusan Forum Anak Daerah (FAD) di Kabupaten sampai ketingkat Desa,” ucap Gubernur.

Sementara itu Bunda Forum Anak Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional Provinsi Lampung tahun 2022, terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya yakni Lomba Mewarnai sekaligus penggalangan dana untuk Anak Penderita Kanker bekerjasama dengan Lions Club yang dilaksanakan di Transmart pada tanggal 23 Juli 2022.

Kemudian, pemberian santunan kepada 300 anak dari keluarga kurang mampu, pemberian bantuan kursi roda kepada anak-anak disabilitas, pemberian laptop kepada SLB Negeri di Provinsi Lampung.

Kegiatan juga diisi dengan Temu Forum Anak dari seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung pada tanggal 31 Juli sampai dengan 2 Agustus 2022 yang dirangkaikan dengan puncak Peringatan Hari Anak pada hari ini, serta Webinar “Mendidik Anak di Era Milenial” yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2022 yang akan datang dengan pembicara Ibu Elly Risman yang diharapkan dapat diikuti oleh seluruh organisasi wanita, kader PKK dan Ibu-ibu di Provinsi Lampung.

Pada kesempatan tersebut, Riana Sari Arinal juga menyampaikan bahwa dengan diraihnya penghargaan Provinsi Layak Anak (PROVILA) oleh Pemerintah Provinsi Lampung dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, merupakan salah satu bentuk manifestasi kinerja Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yang didukung oleh seluruh Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung.

“Semoga ini dapat menjadi pemicu dan motivasi bagi kita semua untuk terus membangun Lampung yang kita cintai, ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya rangkaian Kegiatan Hari Anak Nasional di Provinsi Lampung Tahun 2022,” tutup Riana Sari Arinal.

Kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional Provinsi Lampung 2022 juga diisi dengan penampilan Gamolan Anak dari SD 2 PALAPA binaan Ibu Syarifah bekerja sama dengan anak-anak Komunitas Bermain Anak LPA Bandar Lampung dan TARI KREASI KIPAS Dari Sanggar Tari Sapta Budaya Lampung Binaan Sanggar Seni Taman Budaya Lampung Disdikbud Provinsi Lampung.

Sebelumnya Gubernur bersama dengan Bunda Forum Anak Provinsi Lampung juga sempat meninjau dan bersama anak-anak dari Komunitas Dongeng dan membaca bersama buku-buku dari Mobil Perpustakaan Keliling, Gubernur juga meninjau anak-anak yang bermain Drumband Anak, Permainan Tradisional Hulahop, Gasing, Taplak, dan Permainan Ular Dadu di halaman belakang Mahan Agung.

Kemudian ada juga pembacaan Deklarasi Suara Anak Lampung Provinsi Lampung Tahun 2022 dan Pengumuman Duta Anak Terpilih dan Pengurus Forum Anak Daerah terbaik.

Kegiatan kemudian ditutup dengan penampilan paduan suara dari SD FRANSISKUS dengan judul Pelajar Pancasila, dan Penampilan Alat Musik Tiup Sekhedam oleh Muhammad Jude Algibran membawakan tabuhan sanak butabuh. Musik sanak betabuh merupakan perpaduan dari tabuhan dasar dari tabuh Sermedung serlia. tabuh khapot dan tabuh tahtim di dalam garapan musik ini adek Jude akan memainkan suling Serdam alat musik Cetik dan bedug. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.