Pameran dan Kontes Bonsai Nasional Begawi II Piala Brigif 4 Marinir/BS, Resmi Dibuka

  • Whatsapp

JURAI.ID, BANDAR LAMPUNG, (SMSI)– Pameran dan Kontes Bonsai Nasional Begawi II Piala Brigif 4 Marinir/BS, dilaksanakan pada 2 hingga 9 Agustus 2022, yang dipusatkan di halaman Gedung Kwarda Pramuka Jalan Pramuka No. 4, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, secara resmi dibuka, Sabtu (6/8/2022).

Diketahui, pembukaan ditandai pengguntingan pita dan penancapan bendera pada wadah pohon bonsai, yang disaksikan oleh pengurus perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI), Staf ahli bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia provinsi Lampung, Forkopimda Kota Bandar Lampung, serta undangan lainnya.

Kolonel Marinir Harry Indarto selaku Komandan Brigif 4 Marinir/BS megatakan event atau pameran bonsai yang dilaksanakan ini atas kerjasama dengan Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Bandar Lampung, dan PPBI Pusat.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kegiatan ini sebelumnya sudah disampaikan kepada pak Gubernur, dan direncanakan akan digelar secara rutin setiap tahunnya.

“Pada saat audensi kemarin kita kepada pak gubernur menghasilkan bahwa kegiatan ini akan diakomodasi kan untuk menjadi kegiatan rutin dan agenda tahunan nanti ke depannya,” kata Kolonel Harry, saat dimintai keterangan.

“Dan bahwa kedepannya akan ada anggaran tersendiri hingga kegiatan ini akan berjalan secara kontinyu,” tambahnya.

Kemudian, Ia menyampaikan bahwa di Kota Bandar Lampung ini ada salah satu icon yang bisa jadi kebanggaan, dan salah satu pohon yang dibuat bonsai akan mempunyai daya jual yang sangat tinggi.

Hal itu, sangat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya termasuk perekonomian.

“Jadi ada satu pohon bernama Santigi yang bisa dijadikan icon. Lalu, kegiatan ini juga bisa berdampak pada semua sektor termasuk kesenian juga, dan memperdayakan tanaman hijau,” ungkapnya.

Selain itu, dalam rangka mendukung program pemerintah mulai dari pemberdayaan sektor ekonomi, pariwisata, jadi semua sektor hidup, dan UMKM.

“Insyaallah kedepan kegiatan ini akan terselenggara secara terus-menerus,” jelasnya.

Kolonel Harry menyampaikan bahwa Pameran dan kontes bonsai tersebut diikuti kurang lebih 375 peserta dari seluruh Indonesia. Kemudian memiliki 4 katagori yaitu Prospek, Madya, Pratama, dan Utama, maka dari masing-masing katagori kita berikan besten untuk tiap-tiap kelas.

Sementara, Andi Wijaya sebagai perwakilan dari PPBI Bandar Lampung menyampaikan bahwa dirinya pada hari ini mengikuti pameran dengan membawa bonsai berjenis Pushubatu.

“Alhamdulillah Masuk kategori best peringkat 3, karena kriteria pohon cukup baik, dan matang, gerak batang juga baik,” kata Andi, yang tergabung di PPBI Bandar Lampung pada tahun 1989.

Ia menambahkan, terkait perawatan bonsai harus mendapatkan suplai sinar matahari yang cukup, selain itu air, dan nutrisi makanan pohon.

“Bagi yang baru mulai, pelajari karakter pohon, media tanam, intinya belajar menghidupkan pohon,” jelasnya.

Perlu diketahui, Adapun macam-macam bonsai yang dilombakan seperti santigi, serut, beringin, sancang, anting putri. Pohon berbatang keras dan punya cabang dan ranting, serta berumur panjang.

Andi pun berharap, semoga dengan adanya event ini bisa terus berlanjut, karena ini bisa menghadirkan rejeki bagi umkm.

“Ya harapannya semoga terus berlanjut, karena hal ini menghadirkan rejeki bagi UMKM, seperti pembuat pot, penjual bibit, pupuk, dan sebagainya,” pungkasnya. (Asma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.