Diklaim Sudah Usai, Konfercab ke-XLI Cabang Metro Timbulkan Polemik Baru

  • Whatsapp

JURAI.ID, METRO – Pasca penetapan ketua terpilih, dalam Konferensi Cabang (Konfercab) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Metro ke-XLI (41) yang digelar oleh tim Karateker Pengurus Besar (PB) HMI digedung KNPI Kota Metro, tiga komisariat menolak hasil konferensi tersebut.

Penolakan hasil konferensi tersebut, disampaikan 3 Komisariat dibawah naungan HMI Cabang Metro, melalui surat pernyataan sikap, Jumat (22/4/2022).

 

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum HMI Komisariat UMM, Bastian Novan Almahdy. Menurutnya ada beberapa pertimbangan mengapa pihaknya sampai menyatakan sikap pada PB HMI.

“Pertama, tim karateker tidak mempertimbangkan quorumnya persidangan, kedua, tidak mampunya tim karateker dalam menyelesaikan persoalan di tubuh HMI Cabang Metro,” kata Novan, Jumat (22/4/2022).

Selanjutnya, Tim karateker tidak melibatkan tiga dari lima komisariat penuh dan lembaga yang ada di HMI Cabang Metro dalam pelaksanaan Konfrensi Cabang ke-XLI.

“Dalam hal ini utusan penuh maupun peninjau,” paparnya.

Senada, Ketua Umum HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Metro, N Agung Wiratama, mengungkapkan apa yang telah digelar oleh tim karateker menciderai gerakan yang dilakukan oleh seluruh kader HMI Cabang Metro.

“Harusnya itu dapat menyelesaikan konflik, namun ini malah menimbulkan gesekan baru,” ungkap Wira.

Selain itu, Ketua Umum HMI Komisariat F-KIP UM Metro, Afrido Resman, mengambil sikap tegas untuk menolak hasil Konfercab ke-XLI tersebut.

“Kami juga tidak mengakui diklaimnya sudah selesai. Jadi apapun hasilnya kemarin, kami menolak dan tidak mengakui,” tegas Afrido.

Sebelumnya, Ketua Tim Karateker PB HMI, Ade Irawan, mengklaim Konfercab digelar untuk menjamin keberlangsungan dan kelanjutan roda organisasi yang menjunjung tinggi AD/ART.

“Konfercab yang dilaksanakan oleh tim karateker ini karena adanya problematika yang tidak berkesudahan. Maka dari itu, kami menggelar Konfercab ini demi menyelamatkan HMI Cabang Metro,” kata Ade, Rabu (20/4/2022).

Namun sayangnya, dengan dikirimnya tiga surat dari tiga komisariat dibawah naungan HMI Cabang Metro merupakan indikasi bahwa konflik yang terjadi belum usai.

Berikut isi surat dari 3 Komisariat dibawah naungan HMI Cabang Metro :

Komisariat UMM Nomor : 48/A/Sek/09/1443
Komisariat FKIP Nomor: 57/A/Sek/09/1443
Komisariat Tarbiyah Nomor: 33/A/Sek/09/1443

Adapun, pointnnya adalah:

1. Tim Karateker tidak mempertimbangkan quorumnya persidangan.

2. Tidak mampunya tim karateker dalam menyelesaikan persoalan di tubuh HMI Cabang Metro.

3. Tim karateker tidak melibatkan tiga dari lima komisariat penuh dan lembaga yang ada di HMI Cabang Metro dalam pelaksanaan konfrensi cabang ke XLI di HMI Cabang Metro (Dalam hal ini utusan penuh maupun peninjau).

4. Menciderai gerakan seluruh kader HMI Cabang Metro yang berorientasi pada penyelesaian konflik.

Maka dengan ini kami menolak hasil konfrensi Cabang Ke XLI HMI Cabang Metro yang dilaksanakan oleh tim karateker tersebut. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.