Ini Aksi Walikota Bandar Lampung dalam Rakernas Apeksi, Hingga Juarai 3 Lomba Marandang dan Teh Talua di Padang

  • Whatsapp

JURAI.ID, BANDARLAMPUNG(SMSI) – Ada yang menarik dalam gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakerna) ke XV Assosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Padang, pada 7-10 Agustus 2022. Pasalnya, tuan rumah Rakernas mengadakan lomba masak masakan khas Padang, yakni Marandang dan Teh Talua.

Yang tidak di sangka, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana berhasil meraih juara ketiga secara nasional pada lomba tersebut, dia mengalahkan Walikota yang ikuti lomba Marandang dan Teh Talua.

Marandang atau rendang, merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang termasuk Warisan Budaya Dunia dari Sumatera Barat.

“Sebagai warga negara, kita harus ikut serta menjaga dan melestarikan warisan kuliner. Melalui kegiatan seperti ini, kita sama-sama menjaga dan mempromosikan kuliner Nusantara,” kata Eva Dwiana dalam siaran persnya, Rabu (10/8) malam.

Tidak hanya itu, Eva Dwiana juga berkesempatan mempromosikan hasil produksi UMKM dari kota Bandar Lampung pada gelaran Indonesia City Expo (ICE) 2022.

“Kegiatan itu menjadi momen dalam mempromosikan produk dan kerajinan khas Kota Bandar Lampung di tingkat nasional,” jelas dia.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengaku dirinya mengunjungi pameran ICE 2022, usai mengikuti Rakernas APEKSI 2022 di Kota Padang.

“ICE 2022 yang merupakan salah satu ajang untuk mempromosikan, dan mengenalkan produk serta kerajinan khas dari Bandar Lampung,” imbuhnya.

Dalam kegiatan itu, Wali Kota Eva Dwiana juga melakukan penanaman bibit pohon durian di Kebun Buah Dinas Pertanian Kota Padang Sungai Lareh, pada Senin (8/8).

“Apeksi kali ini, peserta diminta membawa pohon durian untuk ditanam di Kebun Apeksi Padang. Bunda Eva Berharap pohon ini tumbuh subur dan bermanfaat bagi generasi yang akan datang,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Koprasi dan UKM Kota Bandar Lampung Riana Apriana menyebut, produk kerajinan tangan yang tampil pada ICE 2022 diantaranya batik, tapis, tas, sulam usus, kopi, keripik pisang, ikan teri, cumi kering, dan masih banyak lainnya.

“Ada ada delapan UMKM dan satu pengerajin dari Kota Bandar Lampung yang ikut dalam kegiatan ICE 2022,” pungkasnya.

Pemkot Bandar Lampung eksis pada kegiatan tersebut untuk turut serta memeriahkan kegiatan pembukaan, Seminar Dinas Lingkungan Hidup, Indonesia City Expo 2022, Pawai Budaya Nusantara, Beach Clean Up, Gowes hingga Lomba Marandang & teh talua. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.