Jelang Lebaran, Dishub Siapkan 70 Personel Untuk Antisipasi Mudik

  • Whatsapp

JURAI.ID, METRO – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Perhubungan (Dishub) siapkan 70 personil antisipasi ledakan pemudik jelang Idul Fitri 1443 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Metro, I Gede Made Suwanda, mengatakan untuk mengantisipasi puncak lalu lintas, pihaknya telah siap untuk melakukan pengamanan.

“Tentu kami dari jauh hari sudah membahas soal mudik. Mudik tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di mana pada 2020 dilarang mudik dan di 2021 juga tidak dibolehkan. Nah, di tahun ini mudik sudah diperbolehkan,” katanya, Jum’at (22/04/2022).

Sehingga, kata dia, Dinas Perhubungan yang ada di daerah harus siap untuk menangani hal tersebut. Apalagi, kementerian perhubungan sudah membuka layanan mudik gratis.

“Maka hal-hal itu harus diantisipasi, terutama pada pintu keluar dan pintu masuk di Kota Metro,” imbuhnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah melakukan imbauan terhadap kepada sopir, pemilik dan PO bus yang beroperasi di kota Metro untuk kesiapan mudik lebaran.

“Untuk imbauan ke PO Bus kita sudah melalui pengujian kendaraan bermotor (PKB), sudah banyak dari bus yang sudah melakukan uji KIR. Kami menekankan kepada sopir bahwa kendaraan harus hadir dalam pengujian,” papar dia.

“Jika kendaraan itu tidak hadir, maka, akan kami tolak pengajuan KIR-nya. Itu antisipasi kita supaya kondisi mudik semakin baik. Jadi tahun ini Pos Kotis kita sudah akan didirikan di depan Ruko Sudirman. Jadi satu di situ,” sambung Made.

Dia menjelaskan, dalam penanganan mudik lebaran ini pihaknya menurunkan 70 personil dalam menjaga keamanan.

“Kami dari Dishub Metro menyiapkan 70 personal dalam penanganan mudik dari 100 personil. Bilamana nanti kondisinya tetap kurang, kita akan terjunkan semua. Polanya nanti kami akan melakukan mobilisasi dan personil kami di beberapa pintu masuk ke Kota Metro,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.