Cara Merawat Lovebird yang Baru Dibeli

  • Whatsapp
cara merawat lovebird yang baru dibeli
cara merawat lovebird yang baru dibeli/net

Jurai.id – Tertarik merawat lovebird dan baru saja membelinya? Jangan gegabah, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui selepas burung Anda mendarat cantik di rumah Anda lho!

Meski berasal dari Afrika dan Madagaskar, lovebird memang sudah mendunia dan dijual di berbagai belahan bumi termasuk di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Harga burung lovebird di beberapa market place Indonesia saat ini mulai dari Rp. 200 ribu rupiah, hingga mencapai angka Rp. 50 juta rupiah.

Ketika Anda membelinya baik di market place, toko penjual hewan peliharaan, atau toko khusus burung, tentu Anda harus memerhatika hal lain seperti misalnya bagaimana membuat burung Anda tetap sehat sampai di rumah.

Atau, jika Anda membelinya secara online Anda juga tentu harus tahu langkah pertama yang harus Anda lakukan. Jangan sampai membuat burung Anda yang masih mabuk sebab perjalanan jauh tambah pusing melihat kelakuan pemiliknya yang baru.

Atau jika Anda belum membeli lovebird dan baru memiliki niat untuk membelinya, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu seperti apakah kira-kira burung lovebird yang pantas untuk Anda pinang.

Memilih Burung Lovebird Berkualitas Super

Jika dari bentuk fisik Anda dapat melihat dari bentuk tubuh, bentuk paruh, bentuk mata, bentuk leher, dan bentukk sayapnya. Ini bisa menjadi gambaran bagaimana kondisi si lovebird baik dari segi kualitas maupun suara  gacornya.

Dari bentuk tubuh, pilih lovebird dengan ukuran yang ideal yaitu tidak terlalu kecil dan tidak terlalu gemuk. Anda dapat memilah-milah terlebih dahulu, jangan membelinya terburu-buru!

Bentuk lovebird yang ideal menandakan bahwa burung ini tumbuh sehat dan diberi makanan yang tepat, sebab jika lovebird diberi makanan seperti misalnya milet putih terlalu banyak saja tanpa variasi menu lainnya akan menyebabkan menjadi terlalu gemuk.

Jika dari bentuk paruh, burung lovebird berkualitas super ditandai dengan paruh yang kokoh dan kuat. Jangan sampai paruhnya retak, patah, atau tampak tidak sehat.

Bedakan satu-persatu burung lovebird yang berjejer ditawarkan penjual, pastikan Anda melihat dengan seksama bentuk paruh burung lovebirdnya juga!

Untuk mata, warna mencolok dan bening cerah merupakan salah satu tanda bahwa lovebird tersebut berkualitas baik. Mata burung lovebird yang sakit biasanya tampak mengeluarkan cairan pada kedua matanya.

Sedangkan untuk bentuk leher, pilih lovebird yang memiliki leher panjang serta tebal. Bentuk leher seperti ini menandakan lovebird mudah bernyanyi merdu atau menjadi gacor.

Terakhir dapat Anda lihat dari bentuk sayapnya, lovebird berkualitas super memiliki sayap yang silap dan rapat. Perhatikan juga bulu-bulu cantik pada lovebird yang akan Anda pinang, lovebird berkualitas super memiliki buru yang rapat, rapih dan bersih.

Selain dari ciri fisik, ketika pertama kali hendak meminang lovebird perhatikan juga cara mereka makan. Jika burung lovebird tersebut semangat melahap makanan dalam sangkarnya, ini bisa menjadi salah satu acuan Anda memilih lovebird tersebut.

Jika Anda sudah memahami ciri-ciri lovebird berkualitas super seperti paparan di atas, maka sekarang Anda dapat segera membelinya!

Selepas membeli tentu burung lovebird tidak bisa Anda biarkan begitu saja, Anda perlu merawat lovebird yang baru saja Anda beli. Agar memudahkan Anda, berikut cara merawatnya, agar Anda tak salah langkah!

Bersihkan lovebird, untuk burung lovebird yang baru Anda beli misal dari luar negeri setidaknya selama satu minggu atau setidaknya empat hari Anda perlu memerhatikan mereka dengan maksimal.

Perhatikan lovebird Anda sehat atau tidak, bisa saja ia mengalami stres karena mengalami perjalanan yang panjang. Anda bisa mulai dengan memandikan lovebird Anda, cukup menyemprotnya saja dengan air yang telah dimasukkan dalam alat penyemprot.

Jika Anda melihat ciri-ciri burung lovebird Anda mengalami stres maka segera memberinya vitamin atau jika tidak ada kemajuan segera bawa burung Anda ke dokter hewan.

Pemilihan sangkar, gunakan sangkar atau kandang yang tidak terlalu besar. Gunakan sangkar dengan ukuran yang tepat, tidak terlalu kecil juga. Setidaknya muat dan bisa membuat lovebird baru Anda bergerak-gerak santai.

Selain itu, lovebird juga memang dikenal burung berukuran kecil jadi hewan ini tidak akan tumbuh besar dengan cepat.

Tutup sangkar, untuk burung yang baru dibeli alangkah lebih baik jika Anda menutup sangkarnya. Jika Anda membelinya sendiri ke tempat penjual burung, ini juga harus Anda lakukan saat membawanya pulang.

Tutup sangkar burung Anda selama perjalanan, ini bisa mencegah burung lovebird Anda mengalami stres karena melihat hiruk-pikuk perjalanan yang ramai. Gunakan kain hitam atau berwarna gelap agar melindungi burung lovebird dari pemandangan di luar sangkar, apalagi selepas burung lovebird baru tiba dan selepas dibersihkan.

Biarkan lovebird menenangkan diri dalam kesendiriannya, beristirahat dan menyantap makanan-makanan sehat yang sudah Anda sajikan dalam sangkar mereka. Ketika lovebird baru Anda beli, setidaknya tutup sangkar selama 2 jam. Tutup juga ketika malam hari, pastikan Anda tidak lupa menutupnya ya!

Perawatan selepas membeli burung dapat memengaruhi suasana hati dan perasaan burung tersebut, ingat bahwa merawat apapun jika menggunakan hati maka akan sampai pada hati juga tak terkecuali si burung cinta yang satu ini! (jurai.id)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.