Cara Mengetahui Umur Ikan Cupang dengan Mudah

  • Whatsapp
cara mengetahui umur ikan
cara mengetahui umur ikan/ net

jurai.id – Ikan cupang atau yang dikenal juga dengan nama ikan petarung siam adalah, jenis ikan hias yang banyak dikoleksi pecinta ikan saat ini. Corak warnanya yang sangat indah dan kibaran siripnya yang memukau membuat banyak orang terpikat. Tak heran banyak yang rela mengeluarkan dana lebih untuk si ikan cantik ini. Namun banyak yang tidak paham cara mengetahui umur ikan cupang ketika membelinya dari toko.

Memang tidak mudah untuk menentukan kisaran usia ikan cupang. Terlebih bagi para pemelihara pemula. Namun bukan berarti Anda tidak bisa sama sekali menentukan berapa umurnya. Karena Anda bisa melakukan sedikit observasi serta melibatkan daya nalar untuk mengetahuinya. Setidaknya Anda bisa memperkirakan usia yang paling mendekati.

Bacaan Lainnya

Untuk itu kami akan memberikan Anda beberapa langkah atau cara mudah untuk mengetahui umur ikan cupang kesayangan. Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengetahui Umur Ikan Cupang

Ada dua metode yang bisa Anda lakukan untuk memastikan usia ikan cupang, yaitu lewat ciri-ciri fisik dan identifikasi tanda penuaan.

Menentukan Umur Ikan Cupang Melalui Ciri Fisik

1. Periksalah Ukuran Ikan

Untuk mengukurnya, Anda bisa menggunakan penggaris atau meteran yang biasa dipakai untuk mengukur. Tempelkan pengukur tersebut pada aquarium tepat ketika ikan sedang melintas atau berdiam di bagian tertentu. Hal ini untuk memudahkan Anda mengukurnya.

Ikan cupang dewasa biasanya berukuran 7 sampai 8 centimeter. Jika hasil pengukuran kurang dari standar normal cupang dewasa, maka kemungkinan ikan tersebut masih berusia remaja atau muda.

2. Periksalah Sirip Ikan

Pada manusia, tanda bahwa usianya sudah tua akan terlihat dari munculnya keriput di kulit. Nah, begitu juga halnya dengan cupang. Mereka juga akan mengalami yang namanya keriput. Tetapi keriput ini akan muncul pada bagian siripnya. Jadi coba perhatikan sirip ikan cupang Anda. jika siripnya nampak mulai mengeriput, maka bisa dipastikan ikan Anda sudah berumur tua.

Selain itu Anda juga bisa menentukan usia ikan cupang lewat aktivitas siripnya. Biasanya sirip pada ikan cupang yang sudah dewasa akan berkibar dengan indah. Namun jika siripnya masih belum bisa berkibar sempurna atau siripnya kecil, maka pasti ikan hias tersebut masih berusia muda atau bahkan masih bayi.

3. Perhatikan Warna Ikan Cupang

Cara mengetahui umur ikan cupang lewat ciri fisik lainnya adalah dari warna tubuhnya. Cara yang satu ini terbilang cukup mudah. Karena Anda hanya perlu melihat seberapa mencolok warna si ikan.

 

Pada umumnya, ikan cupang yang masih berusia muda akan memiliki warna yang cukup mencolok. Sementara ikan cupang yang usianya sudah tua warnaya akan tampak pudar dan sisiknya terlihat pucat.

Menentukan Umur Ikan Cupang Melalui Tanda-Tanda Penuaan

1. Perhatikan Perubahan Gerak dan Kelincahan Ikan

Sama dengan manusia yang jika makin tua maka gerakan tubuh dan kelincahannya akan makin berkurang. Nah, begitu juga dengan ikan cupang. Gerakan tubuh yang mulai melambat ditandai dengan gerak sirip yang makin lemas. Bahkan lama-kelamaan keinginan cupang tersebut mengibarkan sirip akan hilang.

Selain itu, ikan cupang yang sudah tua biasanya lebih suka berdiam diri atau bersembunyi di balik bebatuan atau tanaman hias di dalam aquarium. Mereka juga cenderung lambat dalam berenang. Sedangkan ikan cupang yang masih muda atau sehat bisa berenang dengan lebih gesit.

Gerakan dan kelincahan penanda lainnya adalah saat ikan akan menangkap makanan. Coba perhatikan bagaimana mereka menangkap makanan. Apakah cepat atau lambat. Ikan cupang berusia tua cenderung lambat berenang. Sehingga mereka pun akan lambat dalam merespon makanan yang Anda berikan. Bahkan ikan cupang tua perlu usaha berkali-kali untuk bisa menangkap makanan dengan tepat.

2. Perhatikan Kebiasaan Tidur Ikan Cupang

Tidur merupakan salah satu kebutuhan ikan. Namun seperti halnya kita sebagai manusia, mereka juga punya jadwal tidur di waktu-waktu tertentu. Biasanya mereka akan mulai tidur di saat malam hari.

Jika Anda menemukan bahwa ikan cupang yang Anda pelihara mulai suka tidur di siang hari dengan intensitas waktu yang tidak biasa, maka bisa dipastikan ikan hias tersebut telah berusia tua.

Meskipun ikan cupang tua lambat bergerak dan suka tidur siang, bukan berarti mereka tidak produktif lagi. Mereka tetap produktif. Tetapi mungkin usia hidup mereka akan lebih pendek.

3. Perhatikan Katarak pada Mata Ikan Cupang

Katarak ditandai dengan adanya bintik hitam yang berwarna buram atau keruh di bagian dalam mata. Nah, ikan cupang yang sudah berumur tua cenderung atau lebih rentan mengalami katarak ini.

Katarak pada ikan cupang yang tua ini adalah hal yang normal terjadi. Mereka akan tetap berpotensi terena katarak meskipun hidup di dalam aquarium yang super besar dan bersih. Sedangkan untuk ikan cupang yang sehat, mereka biasanya memiliki mata hitam dan tidak menonjol.

Selain cara di atas, kami sarankan Anda juga mencatat tanggal pembelian ikan. dengan begitu, Anda akan lebih yakin saat melakukan metode dan cara mengetahui umur ikan cupang yang Anda lakukan. Selamat mencoba. (jurai,id)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.