Cara Menanam Bunga Anggrek: Mudah! Cukup Tau Hal Ini

  • Whatsapp
cara menanam anggrek
cara menanam anggrek/net

Jurai.id – Cara menanam bunga anggrek sebenarnya tidaklah sulit. Apalagi tahu caranya yang paling sederhana untuk dilakukan?

Satu hal yang dipahami adalah, anggrek sebenarnya kumpulan besar tumbuhan dengan bunga-bunga indah, yang bisa kita temukan hampir di seluruh belahan dunia.

Bacaan Lainnya

Biasanya bunga berwarna cerah terlihat berkelompok, atau tersusun di kedua sisi tangkai yang panjang. Apalagi banyak tanaman anggrek lain yang sedang mekar dengan wangi harum.

Di India, tanaman anggrek tumbuh melimpah, di hutan hujan di negara bagian timur laut. Demikian pula dengan jenis tanaman anggrek yang berbeda di bagian selatan, khususnya di Kerala.

Selain keindahannya, bunga anggrek ini tahan lama. Karenanya ini sangat diminati untuk keperluan dekoratif. Banyak orang, terutama wanita, yang terlibat dalam budidaya anggrek, menganggapnya sebagai bisnis yang menguntungkan.

Salah satu keunikan dari tumbuhan tersebut, adalah kemiripan bunga dengan binatang, burung, serangga dll. Anggrek macan dengan bunga berwarna coklat dan kuning serta anggrek merpati dengan struktur mirip burung merpati di dalam kelopaknya, adalah contohnya.

Cara Mudah Budidaya & Menanam Bunga Anggrek

Ada banyak jenis anggrek yang bisa dibudidaya atau ditanam. Bunganya yang berwarna cerah dan tampak terlihat berkelompok ini tersusun di kedua sisi tangkai yang panjang. Menariknya lagi, jika tanaman anggrek berbunga tercium aromanya yang harum.

Untuk cara budidaya tanaman anggrek yang paling mudah adalah lewat umbinya. Umbi semu Anggrek yang biasa dikumpulkan dari tanaman induk, digunakan untuk perbanyakan. Untuk ini, kita bisa membagi tanaman induk, di akhir musim berbunga.

Untuk memisahkan umbi dari tanaman induk, bisa menggunakan pisau tajam atau gunting kebun.

Ada tahapan-tahapan yang bisa dilakukan, dari persiapan media, cara menanam sampai pada antisipasi hama penyakit tanaman.

Persiapan Media Tanaman Anggrek

Media anggrek bisa kita persiapkan dengan sangat mudah, karena bahan-bahannya sudah banyak tersedia di rumah kita.

Pertama, campur potongan arang dan serpihan sabut kelapa dalam jumlah yang sama. Ingatlah selalu untuk menghindari penggunaan emping sabut kelapa yang masih segar, karena getah yang lengket dapat menyebabkan kerusakan pada akar.

Tentunya Anda bisa mengatasi masalah ini, dengan cara merendam sekam dalam air selama beberapa hari.

Kemudian tempatkan anakan ke dalam pot dan isi medianya, sedemikian rupa sehingga dapat menahan tanaman agar tetap tegak.

Penting untuk memeriksa media sesekali, untuk memastikan drainase yang baik. Akar dan umbi, cenderung membusuk di media yang tergenang air.

Anda bisa menggunakan pot terakota dengan jumlah lubang yang cukup banyak, atau keranjang sederhana yang terbuat dari wire mesh untuk ini. Sama fantastisnya menggunakan sekam kelapa utuh, untuk menumbuhkan anggrek Anda.

Persyaratan pencahayaan untuk Budidaya Anggrek

Pencahayaan pada menanam anggrek perlu diperhatikan. Untuk itu sebaiknya cari tempat yang cocok dimana tanaman mendapat cukup sinar matahari, sebaiknya yang disaring sampai 60%.

Balkon atau tempat lain seperti itu dengan sinar matahari tidak langsung, selama beberapa jam sehari sangat ideal.

Tanaman juga bisa tumbuh dengan baik, jika menempel hanya pada batang pohon hias di taman Anda.

Cahaya dalam jumlah sedang di bawah pohon rindang, cocok untuk tanaman anggrek untuk tumbuh dengan baik.

Selain itu, Anda bisa menanamnya di balkon bersama dengan tanaman cahaya rendah. Aglaonema, tanaman ular, tanaman laba-laba, syngonium dan caladium adalah beberapa di antaranya.

Selain itu, perpaduan beberapa pohon bonsai dengan tanaman di atas, bisa membuat balkon Anda benar-benar menakjubkan. Khususnya pohon bonsai seperti Ficus microcarpa, Ficus benjamina dan pohon teh Fukien.

Teknik Penyiraman dan Pemupukan Tanaman Anggrek

Di daerah beriklim sedang, tanaman membutuhkan penyiraman setiap hari. Semprotkan air untuk membuat lingkungan menjadi lembab, sehingga tanaman dapat menyerap dengan cukup.

Selain itu, juga perlu diperhatikan pupuk tanaman anggrek. Jadi, berilah makanan yang sesuai kebutuhan pada tanaman anggrek yang anda miliki.

Makanan ini adalah pupuk yang baik. Misalnya saja Anda bisa memberinya dalam interval sepuluh hari tanam dengan kotoran organik yang diencerkan.

Anda juga bisa menggunakan NPK 19:19:19, 5 gram diencerkan dalam satu liter air tawar. Oleskan pupuk kandang dengan alat penyemprot, agar bisa menjangkau seluruh bagian tanaman, termasuk daun dan akar.

Menyemprotkan air kelapa yang diencerkan sesekali, membantu anggrek mekar lebih baik.

Anggrek Anda akan mulai mekar dalam jangka waktu satu tahun, jika Anda merawatnya dengan baik.

Hama dan penyakit Pada Tanaman Anggrek

Ada banyak hama yang harus jadi perhatian untuk mengantisipasi tanaman anggrek Anda menjadi tidak bernilai.

Misalnya seperti Siput. Siput akan memakan pucuk lunak tanaman anggrek. Siput menjadi musuh nomor satu tanaman anggrek yang saat ini sangat diperhatikan semua orang.

Untuk itu perlu amati tanaman di malam hari. Dengan mengamati tanaman pada malam hari, Anda dapat dengan mudah mencabutnya dengan memetik dengan tangan Anda.

Itulah cara sederhana yang bisa anda lakukan dalam menanam bunga anggrek. Selamat mencoba. (jurai.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.